1. Mata kuliah pengantar ilmu sosial bersifat :
a. memberi arahan penekanan materi seluruh
ilmu-ilmu sosial
b. memberi arahan penekanan secara global
dan tidak mendalam
c. memberi arahan penekanan pada subyek
oriented menuju specialisasi
d. memberi penekanan mataeri ilmu sosial
secara terperinci
Jawab : A
2. Ilmu sosial dasar adalah :
a. ilmu yang membahan mengenai masalaha
sosial dalam kehidupan masyarakat
b. ilmu yang memiliki wawasan komprehensif
dan pendekatan integral
c. tujuan pendidikan dan pengajaran di
perguruan tinggi
d. pengetahuan yang menelaah
masalah-masalah sosial yang menggunakan pengertian-pengertian ( fakta, teori,
konsep) berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahian
Jawab : D
3.
Latar belakang diberikannya ISD pada
prinsipnya adalah menghindari :
a. anggapan bahwa sistem pendidikan kita
hanya mementingkan sosial science
b. kritik terhadap sistem pendidikan kita
oleh sejumlah cendikiawan
c. anggapan bahwa sistem pendidikan kita
tidak berbau kolonial
d. a, b dan c benar
Jawab : C
4. Tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan
tinggi diharapkan memiliki tiga ketrampilan yang tidak termasuk kedalam
kemampuan ini adalah ;
a. personal c.
likwidasi
b. akademis d.
profesional
Jawab : C
5.Profesional
adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan, maksudnya adalah :
a. para tenaga ahli diharapkan mempunyai
pandangan yang luas
b. peka terhadap masalah yang dihadapi oleh
masyarakat Indonesia
c. para tenaga ahli diharapkan memiliki
pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam
bidang profesi
d. a, b dan c benar
Jawab : C
6.
ISD termasuk program pendidikan umu ( MKDU ) , tujuan dari MKDU adalah untuk
a. memperluas cakrawala perhatian dan
pengetahuan para mahasiswa sehingga
tidak
terbatas pada bidang pengetahuan
keahlian golongan asal masing-masing
b. memberi pemahaman kepada mahasiswa
sebagai layaknya mata kuliah lain yang
diberikan
c. mengantarkan mahasiswa agar menjauhi
masalah-masalah sosial
d. a, b dan c benar
Jawab : A
7 Salah satu definisi ISD adalah ilmu-ilmu
sosial yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan
keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam
kehidupan masyarakat. Dari pernyataan itu maka ISD itu bersifat :
a. subject-oriented c. problem-oriented
b. object-oriented d. humanties
Jawab : C
8.
Ilmu pengetahuan sosial ( IPS ) merupakan :
a. ilmu yang mempelajari manusia dan
interaksinya
b. bidang studi yagn merupakan paduan dari
sejumlah mata pelajaran sosial
c. suatu program pelajaran baru yang
dikembangkan di perguruan tinggi
d. a, b dan c benar
Jawab : B
9.
Filsafat merupakan sumber ilmu
pengeatahuan alam maupun sosial. Hakekat dari ilmu filsafat adalah
mempersoalkan
a. asal-usul
ilmu pengetahuan
b. hadup dan
kehidupan manusia didunia
c. rasa ingin
tahu manusia mengenai dunia
d. pencabangan
ilmu pengetahuan
e.penelaahan
alam sekitar dan perkembangannya
Jawab : B
10. Menghadapi era globalisasi, lulusan perguruan tinggi dituntut
kualitasnya secara memadai. Kualitas tersebut harus terlihat dengan
diperolehnya pengetahuan, sikap, tingkah laku dan tindakan sebagai cerminan
kepribadian Indoensia. Perolehan-perolehan ini adalah merupakan sebgaian dari
kemampuan
A personal
B profesonal
C akademik
D manajerial
E. vokasional
Jawab : A
11. Lulusan perguruan tinggi perlu memiliki wawasan yang tidak terbatas
pada bidang keahliannya. ISD adalah bagian dari program mata kuliah dasar umum
untuk membawa mahasiswa agar
A memiliki
keahlian beragam menghadapi persaingan dunia kerja
B menyadari
posisinya sebagai calon pemimpin masa depan
C
peka,terbuka, dan ada rasa tanggungjawab terhadap masalah sekitar
D selalu
mengikuti perkembangan masalah – masalah masyarakat
E memiliki
kemampuan tinggi dalam profesinya
Jawab : C
12. ISD dan pengetahuan sosial dibedakan keduanya dalam hal orientasi
atas pendekatan yang dilakukan. Beda keduanya adalah :
A isd
berorientasi materi, pengetahuna sosial berorientasi multidisiplin
B isd
berorientasi materi, pengetahuan sosial berorientasi inter disiplin
C isd
berorientasi inter disiplin, pengetahuan sosial berorientasi praktis
D isd
berorientasi inter disiplim, pengetahuan sosial
berorientasi materi
E isd
berorientasi praktis, pengetahuan sosial berorientasi materi
Jawab : D
0 komentar:
Posting Komentar