- Definisi Web Science dan Sejarah Web
Web Science merupakan salah satu penjabaran dari dua arti yang berbeda, yaitu web dan science. Website atau situs diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).
Science adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan sumber ilmu pengetahuan yang memberikan manfaat bagi kehidupan manusia dan seluruh isinya. Dengan kata lain, science itu sendiri merupakan kumpulan ilmu pasti yang memberikan makna tersendiri bagi yang mempelajarinya.
Web Science dapat disimpulkan yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumer yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya tanpa kita harus menuju ke sumber informasi yang ada di informasi yang ingin kita cari, sehingga memudahkan kita untuk memperoleh informasi.
Sejarah Web
WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.
WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.[
Web 1.0
Merupakan teknologi Web generasi pertama yang merupakan revolusi baru di dunia Internet karena telah mengubah cara kerja dunia industri dan media. Pada dasarnya, Website yang dibangun pada generasi pertama ini secara umum dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif.
Web 2.0
Web 2.0 Istilah Web 2.0 pertama kalinya diperkenalkan oleh O’Reilly Media pada tahun 2004 sebagai teknologi Web generasi kedua yang mengedepankan kolaborasi dan sharing informasi secara online. Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut: “Web 2.0 adalah revolusi bisnis di industri komputer yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut.
Web 3.0
definisi untuk Web 3.0 sangat beragam mulai dari pengaksesan broadband secara mobile sampai kepada layanan Web berisikan perangkat lunak bersifat on-demand [Joh07]. Namun, menurut John Markoff, Web 3.0 adalah sekumpulan teknologi yang menawarkan cara baru yang efisien dalam membantu komputer mengorganisasi dan menarik kesimpulan dari data online. Berdasarkan definisi yang dikemukakan tersebut, maka pada dasarnya Semantic Web memiliki tujuan yang sama karena Semantic Web memiliki isi Web yang tidak dapat hanya diekpresikan di dalam bahasa alami yang dimengerti manusia, tetapi juga di dalam bentuk yang dapat dimengerti, diinterpretasi dan digunakan oleh perangkat lunak (software agents)
http://ilfen-share.blogspot.com/2013/03/definisi-web-science-dan-sejarah-web-10.html
Arsitektur Web & Aplikasinya
Arsitektur Website
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang, seperti arsitektur itu sendiri melibatkan teknis. kriteria estetis dan fungsional. seperti dalam arsitektur tradisional fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan pengguna. hal ini memerlukan perhatian khusus pada konten web, rencana bisnis, keuangan desain interaksi informasi dan desain arsitektur web. Untuk optimasi mesin pencari yang efektif perlu memiliki apresiasi tentang bagaimana sebuah situs web terkait dengan World Wide Web.
Pattern / Pola
Suatu pola menguraikan masalah perulangan perancangan yang muncul
dalam sebuah konteks perancangan spesifik dan mengusulkan solusi. Solusi
menguraikan komponen-komponen yang berpartisipasi dan tanggung
jawabnya, hubungan antarkomponen, dan pengaruh suatu komponen dalam
masalah yang spesifik. Ini berarti bahwa pola memungkinkan kita untuk
membuktikan penggunaan ulang, memperkuat pengetahuan perancangan, dan
mendukung pengembangan sistem perangkat lunak yang berkualitas
Framework
Framework menyajikan pilihan untuk menggunakan kembali pengetahuan
arsitektur yang ada. Framework itu sendiri adalah sistem perangkat lunak
yang dapat digunakan kembali dengan fungsi umum yang telah ditetapkan. Frame dapat dikhususkan ke dalam aplikasi yang siap pakai (ready-to-use).
Frame juga berfungsi sebagai sebuah cetak biru untuk arsitektur dasar
dan arsitektur fungsional untuk field applikasi yang spesifik. Artinya,
pengetahuan arsitektur fungsional yang terdapat di dalam framework
seluruhnya dapat diadopsi di dalam applikasi
Model View Controller (MVC)
David (2007) menjelaskan bahwa “Model-View-Controller (MVC)
adalah arsitektur perangkat lunak yang memisahkan model data, antarmuka
pengguna, dan logika kontrol ke dalam tiga komponen yang berbeda
sehingga pemodifikasian komponen view dapat dibuat dengan meminimalkan
komponen data.”
Struts
Struts adalah Frame Work
Open Source yang di pakai untuk membangun aplikasi berbasis Web. yang
sudah terinstregasi dengan standard technologi seperti Servlet, Java
Beans dan Java Server Pages. Struts memiliki banyak keuntungan bagi
pengembang web aplikasi. Juga sangat cocok dalam penerapan MVC di
aplikasi berbasis web.
Codeigniter
CodeIgniter merupakan Web Application
framework dengan bahasa pemrograman PHP yang dikembangkan oleh EllisLab.
Apa beda CMS dengan Framework? Jika CMS memungkinkan anda untuk membuat
web dinamis, maka Framework pun bisa, tetapi dengan tingkatan yang
lebih rumit, yaitu pemrograman. Dengan kata lain, anda dapat membuat
sebuah CMS dengan framework, tetapi anda tidak dapat membuat framework
dengan CMS.
Integrasi Sistem
Dalam konteks sistem informasi, sistem
integrasi (integrated system) merupakan sebuah rangkaian proses untuk
mengubungkan beberapa sistem-sistem komputerisasi dan software aplikasi
baik secara fisik maupun secara fungsional. Sistem integrasi akan
menggabungkan komponen sub-sub sistem ke dalam satu sistem dan menjamin
fungsi-fungsi dari sub sistem tersebut sebagai satu kesatuan sistem.
Sistem integrasi merupakan tantangan
menarik dalam software development karena pengembangannya harus terus
mengacu pada konsistensi sistem, Tantangannya adalah bagaimana merancang
sebuah mekanisme mengintegrasikan sistem-sistem tersebut dengan effort
paling minimal – bahkan jika diperlukan, tidak harus melakukan
refactoring atau re-developing lagi sistem-sistem yang sudah ada.
Ada beberapa metode yang dapat dipergunakan dalam membangun sistem terintegrasi, yaitu: Vertical Integration, Star Integration, Horizontal Integration
SOA
Arsitektur berorientasi layanan atau disebut dengan SOA adalah suatu gaya arsitektur sistem yang membuat dan menggunakan proses bisnis dalam bentuk paket layanan sepanjang siklus hidupnya. SOA juga mendefinisikan dan menentukan arsitektur TI yang dapat menunjang berbagai aplikasi untuk saling bertukar data dan berpartisipasi dalam proses bisnis. Fungsi-fungsi ini tidak terikat dengan sistem operasi dan bahasa pemrograman yang mendasari aplikasi-aplikasi tersebut.
SOA membagi fungsi-fungsi menjadi
unit-unit yang berbeda (layanan), yang dapat didistribusikan melalui
suatu jaringa dan dikombinasikan serta digunakan ulang untuk membentuk
aplikasi bisnis. Layanan-layanan ini saling berkomunikasi dengan
mempertukarkan data antar mereka atau dengan mengkoordinasikan aktivitas
antara dua atau lebih layanan.
Aplikasi Utama Arsitektur Web
- Wikis, Blogs, Folksonomies, Social Network, dan Usergenerated Content
- Semantic Web Summary
- Web Securityhttp://himawan150.blogspot.com/2013/04/arsitektur-website-arsitektur-website.html
Berikut adalah organisasi-organisasi Institusi Pengelola Web/Internet:
1. World Wide Web Consortium (W3C):
Dibentuk dari laboratorium ilmu komputer MIT oleh tim Berners-Lee dan Al-Vezza. W3C saat ini bertanggung jawab terhadap perkembangan dari berbagai protokol dan standar yang terkait dengan web. Seperti misalnya standarisasi HTML, XML, XHTML dan CSS diatur oleh W3C. Sat ini W3c masih dipimpin oleh Berners-Lee. Website W3C dapat di akses melalui URL: http://www.w3c.org
2. Internet Engineering Task Force (IETF)
Badan yang bertanggung jawab terhadap masalah teknis dari perkembangan teknologi internet. IEFT bertugas mengkaji berbagai teknologi terkait untuk kemudian distandarkan menjadi sebuah request for comment (RFC). IETFfokus pada evolusi dari internet dan menjamin proses tersebut derjalan dengan smooth.
3. Internet Architectur Board (IAB)
IAB bertanggung jawab dalam mendefinisikan backbone internet
4. Internet Society (ISOC)
Dibentuk dari berbagai organisasi, pemerintah, non-profil, komunitas, akademis maupun para profesional. Kelompok ini bertanggung jawab dalam membuat kebijakan tentang internet, dan memantau lembaga lain seperti IETF.
5. The Internet Assigned Authority (IANA) & Internet Networking Information Center (InterNIC).
Kelompok ini bertanggung jawab terhadap alokasi alamt IP dan nama domain.
Sumber:
ETIKA DALAM BERINTERNET
Etik (ethic) adalah
kumpulan azas atau nilai yang yang berkenaan dengan akhlak; nilai
mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat.
Etika: ilmu tentang apa yang
baik dan apa yang buruk dan tentang hak dan kewajiban (akhlak).
Etiket: tata cara (adat,
sopan santun, dsb.) dalam masyarakat beradab untuk memelihara hubungan baik
antara sesame manusianya. [sumber KUBI]
Etiquette = ticket. Jika
Anda mengetahui etiket pada suatu kelompok, Anda memiliki “tiket” untuk menjadi
anggota kelompok tersebut.
Pentingnya Etika Dalam menggunakan
Internet adalah sebagai berikut:
- Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda.
- Pengguna internet merupakan orang-orang yang hidup dalam dunia anonymouse, yang tidak mengharuskan pernyataan identitas asli dalam berinteraksi.
- Berbagai macam fasilitas yang diberikan dalam internet memungkinkan seseorang untuk bertindak etis seperti misalnya ada juga penghuni yang suka iseng dengan melakukan hal-hal yang tidak seharusnya dilakukan.
- Harus diperhatikan bahwa pengguna internet akan selalu bertambah setiap saat dan memungkinkan masuknya penghuni baru didunia maya tersebut.
Jadi etika dalam menggunakan
Internet sangat penting sekali bagi semua pengguna internet, etika yang
dimaksudkan disini adalah dalam forum-forum yang bersifat umum dimana banyak
orang/pihak tidak dikenal yang terlibat. Jika hanya berinteraski dengan teman
sendiri yang sudah akrab, mungkin ini tidak jadi masalah mengingat si temanpun
pasti sudah hafal karakter masing-masing, tetapi tentu saja tetap harus ada
batas-batas yang tidak boleh dilampaui.
Dibawah ini adalah etika-etika
dalam menggunakan internet yaitu sebagai berikut:
- Jangan menyindir, menghina, melecehkan, atau menyerang pribadi seseorang/pihak lain.
- Jangan sombong, angkuh, sok tahu, sok hebat, merasa paling benar, egois, berkata kasar, kotor, dan hal-hal buruk lainnya yang tidak bisa diterima orang.
- Menulis sesuai dengan aturan penulisan baku. Artinya jangan menulis dengan huruf kapital semua (karena akan dianggap sebagai ekspresi marah), atau penuh dengan singkatan-singkatan tidak biasa dimana orang lain mungkin tidak mengerti maksudnya (bisa menimbulkan salah pengertian).
- Jangan mengekspose hal-hal yang bersifat pribadi, keluarga, dan sejenisnya yang bisa membuka peluang orang tidak bertanggung jawab memanfaatkan hal itu.
- Perlakukan pesan pribadi yang diterima dengan tanggapan yang bersifat pribadi juga, jangan ekspose di forum.
- Jangan turut menyebarkan suatu berita/informasi yang sekiranya tidak logis dan belum pasti kebenarannya, karena bisa jadi berita/informasi itu adalah berita bohong (hoax). Selain akan mempermalukan diri sendiri orang lainpun bisa tertipu dengan berita/info itu bila ternyata hanya sebuah hoax.
- Andai mau menyampaikan saran/kritik, lakukan dengan personal message, jangan lakukan di depan forum karena hal tersebut bisa membuat tersinggung atau rendah diri orang yang dikritik.
- Selalu memperhatikan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Artinya jangan terlibat dalam aktivitas pencurian/penyebaran data dan informasi yang memiliki hak cipta.
- Jika mengutip suatu tulisan, gambar, atau apapun yang bisa/diijinkan untuk dipublikasikan ulang, selalu tuliskan sumber aslinya.
- Jangan pernah memberikan nomor telepon, alamat email, atau informasi yang bersifat pribadi lainnya milik teman kepada pihak lain tanpa persetujuan teman itu sendri.
0 komentar:
Posting Komentar